Peluang Bisnis Kuliner Minim Modal di 2016

Usaha Modal Kecil Ala Ibu Rumah Tangga
April 27, 2016
Peluang Bisnis Online di Era Internet
Peluang Bisnis Online di Era Internet
April 29, 2016
Peluang Bisnis Kuliner Minim Modal di 2016

Peluang Bisnis Kuliner Minim Modal di 2016

Tahun 2016 sudah memasuki akhir bulan ketiga. Geliat bisnis Online semakin menggema dan menggurita. Berkat kecanggihan teknologi, diiringi kreativitas seseorang dalam memanfaatkan sumberdaya yang ada, dijamin produk yang semula tak dianggap sebelah mata, mampu disulap menjadi produk bernilai jual tinggi.
Tak terkecuali dengan cireng, sebuah jajanan tradisional dari daerah Jawa Barat. Di tangan tiga orang anak muda yang kreatif, kuliner yang terbuat dari tapioka, kaldu ayam, rempah-rempah dan resep rahasia ini mampu mendunia dan menjadi oleh-oleh khas bagi wisatawan yang berkunjung ke Indonesia, terutama Jawa Barat.

Cireng Salju namanya. Mengapa dinamakan demikian, karena balutan tepung tapioka yang menyelimuti cireng ini demikian banyak, laksana salju yang menimpa seseorang saat badai salju menerjang. Namun balutan tepung inilah yang membuat cireng salju ini lebih tahan lama dan terasa berbeda dibandingkan produk serupa.

Cireng Salju mempunyai tekstur renyah di luar dan lembut di dalam. Cara penyajiannya digoreng terlebih dahulu, disajikan dengan sambal cireng yang asam-manis, benar-benar mampu menggoda selera. Dinikmati saat cireng baru keluar dari penggorengan, ditemani secangkir teh panas. Siapa yang takkan tertarik untuk duduk sejenak menyantap camilan nikmat kala sore hari ini?

Saat ini, begitu banyak jajanan khas suatu daerah yang booming justru di saat daya beli masyarakat dinilai menurun oleh sebagian pakar ekonomi. Mengapa terjadi demikian? Ditengarai masyarakat kelas menengah ke bawah sudah mulai bosan dengan serbuan aneka junk food ala resto waralaba dari luar. Selain harganya cukup menguras kantong, ternyata lidah ndeso lebih cocok menikmati kuliner asli Indonesia.

Fenomena ini layak dijadikan salah satu ide dalam melirik peluang bisnis yang akan ditekuni oleh seorang new comer alias pebisnis baru. Usaha kuliner takkan pernah ada matinya, selama masih banyak orang yang ingin menikmati masakan yang tidak biasa dinikmati di rumah, tentu mereka sesekali memutuskan untuk makan di luar dan melirik berbagai kuliner menggiurkan yang ada di sekitarnya. Bahkan ada yang rela datang dari jauh, hanya untuk membuktikan kelezatan sebuah hidangan hanya berdasarkan rekomendasi yang pernah didengar. Luar biasa, bukan?

Namun, bagaimana caranya supaya menu makanan yang ditawarkan menarik perhatian calon konsumen? Banyak trik dan tip yang beredar dan patut dipertimbangkan, antara lain:
1.Jenis produk yang ditawarkan spesial dan berbeda dengan produk serupa yang telah ada. Bisa dari penamaan, penggunaan bahan, cara mengolah, cara menghidangkan, hingga cara pengemasannya.
2.Jika telah banyak produk serupa di pasaran, lakukan inovasi marketing. Misal: iklan yang eye catching dan menggoda untuk mencoba, iklan yang familiar dan mudah diingat.
3. Tak lupa, selipkan berbagai penawaran menarik, semisal free delivery service untuk konsumen dalam radius sekian kilometer, bonus untuk pembelian dalam jumlah tertentu, layanan purna jual yang memuaskan dan lain sebagainya.

Patut diingat, jangan mudah menyerah dalam dua tahun pertama mengembangkan bisnis kuliner, sebab segala sesuatu yang serba instan justru akan lebih cepat gulung tikar, dibandingkan pengusaha yang tekun merintis usaha dari bawah secara pelan namun pasti.

Kuncinya FOKUS, komitmen dan konsisten.

Jika segala upaya telah dilakukan, namun peluang bisnis kuliner yang dijalani tak menunjukkan kemajuan, justru mengalami kemunduran, segera lakukan langkah antisipasi. Lakukan evaluasi baik terhadap produk, sistem pengemasan, sistem pemasaran, administrasi keuangan hingga inovasi-inovasi yang telah dilakukan selama ini.
Selamat mencari peluang bisnis kuliner di tahun 2016

Baca Juga:

Cireng Salju – Warna Baru dalam Bisnis Online

10 Comments

  1. Yati says:

    berminat dan ingin tahu lebih jauh tentang produk bonju

    • cireng salju says:

      Salam kenal..
      produk mangbonju ada cireng salju, cilok, dan cuanki salju.
      Jika boleh tahu, lokasi mba dimana? akan kami beri kontak distributor terdekat
      Terimakasih

  2. kiki oktia says:

    mba saya pengen ikut jual bisnis cireng salju bolh minta distributor dari pt mang bonju ini mba ?

    • cireng salju says:

      Salam kenal..
      Jika boleh tahu, lokasi dimana mba? akan kami berikan kontak distributor terdekat..

      Terimakasih

  3. ire olieph says:

    Saya mau gimana caranya lokasi di malang jawa timur

    • cireng salju says:

      Daerah malang sudah ada distributor kami. jika berminat, silakan hubungi Ana BB: 2BC63FF6 hp: 0822 4596 2294. Terimakasih

  4. dadang supratman says:

    maaf admin untuk daerah sukabumi, apakah sudah ada distributornya, saya tertarik untuk menjadi distributornya.

    • cireng salju says:

      Salam Kenal..

      Daerah Sukabumi sudah ada distributor kami. jika berminat, bisa hubungi
      shanti
      bbm: 76005779
      WA: 081320005504
      Terimakasih

  5. yak jadi bisa panduan dalam merintis bisnis kuliner yg minim modal.. thanks yak infonya

  6. wah mantap kerennnn
    makasih infonya gan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *