3 Jajanan Populer di Daerah Sunda yang Enak dan Ringan

tips bisnis untuk pemula
3 Tips Berbisnis untuk Pemula dan 3 Tips Memilih Produk yang Laris
June 1, 2018
Hindari Kesalahan Ini Agar Bisnis Modal Kecil Tetap Sukses
June 8, 2018
bisnis kuliner saat raamdhan

cireng salju

Kuliner –  Daerah sunda memang menjadi tujuan wisata bagi banyak orang dari nusantara bahkan luar negeri. Daerah yang utama untuk menjadi tujuan yaitu Bandung dan Lembang karena disana menghadirkan objek wisata yang indah seperti kebun strawberry, situ patenggang, kawah putih, alun-alun masjid raya Bandung, dan masih banyak lagi.
Saat berwisata, selain berjalan-jalan dan merasakan indahnya daerah tersebut, alangkah tidak puas kalau hanya berwisata tapi tidak mencoba jajanan khas atau pulang namun tidak membawa buah tangan. Oleh karena itu, saya akan memberitahu 3 macam jajanan sunda popular yang enak dan ringan untuk di cobab dan dibawa sebagai oleh-oleh.

1. Cilok
Cilok berasal dari sebuah singkatan yaitu ‘aci di colok’. Penggunaan nama cilok ini karena terbuat dari bahan dasar tepung (aci dalam bahasa sunda) yang dihidangkan dengan cara dicolok ke lidi. Dan cara memakannya tinggal digigit saja dari lidi tersebut. Satu lidi biasanya terdiri dari 3 buah cilok.
Cilok merupakan salah satu kuliner khas Jawa Barat yang terbuat dari tepung tapioka yang kenyal dan diberi bumbu tamahan seperti kecap, saus dan sambal. Bentuk cilok itu bulat seperti bakso tapi yang membedakan adalah bahan dasarnya. Di dalam cilok biasanya terdapat cincangan daging atau telur. Kalau bakso tekturnya agak kasar, cilok terlihat licin diluarnya dan ketika dimakan terasa kenyal karena terbuat dari aci.
Cilok dibuat dengan cara mencampurkan tepung kanji, bumbu bawang dan bahan lainnya dengan daging ayam atau daging sapi menggunakan air. Setelah itu, adonan direbus dan dibentuk bulat-bulat kecil seperti bakso.

2. Cireng
Nama cireng diambil dari ‘aci di goreng’ yang juga merupakan jajanan khas daerah sunda. Cireng ini juga terbuat dari bahan dasar tepung sama seperti cilok, namun yang membedakan adalah cara memasaknya yang digoreng bukan direbus.
Cireng sudah mulai terkenal sejak tahun 80-an. Umumnya, para pedagang cireng berjualan menggunakan sepeda dan dilengkapi peralatan membuat cireng dibelakang sepeda. Kemudian ada yang mulai berjualan dengan gerobak dorong atau membuka kios kecil-kecilan. Bahan dasar yang digunakan untuk membuat cireng adalah tepung terigu, tepung kanji, garam, bawang putih, minyak goreng, daun bawang, air dan merica bubuk.
Seiring berkembangnya zaman, cireng mulai memiliki banyak varian rasa, mulai dari cireng isi sosis, keju, cincangan daging, ayam, telur dan lain-lain. Setiap varian cireng memiliki bentuk yang berbeda. Contohnya cireng isi keju berbentuk kotak, cireng isi ayam berbentuk bulat, dan sebagainya.

3. Cuanki
Jajanan cuanki juga sama terkenalnya dengan dua jajanan diatas. Nah kalau cuanki ini asal katanya adalah ‘cari uang jalan kaki’. Dinamakan seperti itu karena cara berjualannya dengan memikul dagangan dan dibawa berjalan kaki. Daerah Jawa Barat itu dingin makanya cuanki lebih nikmat di makan saat pagi dan sore hari apalagi kuah panas dari mangkok cuanki yang menghangatkan tubuh. Bisa-bisa anda habis dua mangkok lho.
Cuanki murupakan jajanan yang terdiri dari mie kuning, siomay, bakso, tahu putih, dan tahu kering yang disiram dengan kuah panas yang mengepul. Yang menjadi ciri khas cuanki adalah menggunakan bahan baku ikan untuk membuat siomay, tahu kering dan baksonya. Kuahnya pun dicampur dengan saus ikan.
Tiga jajanan sunda tersebut memiliki angka penjualan yang sangat tinggi karena banyaknya permintaan dari pembeli. Cireng, cilok dan cuanki juga sudah banyak ditemui. Namun, untuk menemukan cuanki, cilok dan cireng yang nikmat tidak semudah menemukan para penjual jajanannya.

Para wisatawan dan warga daerah sunda sendiri juga senang dengan jajanan tersebut, oleh karena itu agar cireng, cuanki dan cilok bisa dibawa oleh-oleh wisatawawan dan bisa di simpan dirumah dihadirkan inovasi dengan dijadikan frozen food. Jadi sekarang sudah praktis, anda hanya tinggal mengeluarkan jajanan tersebut dari kulkas dan tinggal menghangatkannya saja. Mudah bukan?

Karena meningkatnya penjualan tiga macam jajanan yang sudah dikemas tadi, ini bisa menjadi peluang bisnis bagi anda yang masih pemula dan ingin bermodal kecil untuk memulai. Anda bisa menawarkan jajanan ini dari ke lingkaran terdekat seperti sanak saudara dan teman-teman. Kemudian samakin lama lingkaran tersebut akan semakin luas. Bisnis ini bermodal kecil karena anda bisa memanfaatkan freezer yang sudah ada di rumah untuk menyimpan jajanannya. selain itu frozen food memiliki daya simpan yang bisa kuat selama berbulan-bulan, jadi anda tidak perlu takut rusak atau basi.

Kalau anda tertarik dan bingung mencari supplier cireng, cilok dan cuanki dalam bentuk frozen food yang enak dan terpercaya dimana, anda bisa bekerjasama dengan langsung menghubungi kontak yang ada di website cirengsalju.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *