3 Tips Berbisnis untuk Pemula dan 3 Tips Memilih Produk yang Laris

strategi bisnis kuliner
Strategi Bisnis Menguntungkan Jelang Ramadhan
June 1, 2018
bisnis kuliner saat raamdhan
3 Jajanan Populer di Daerah Sunda yang Enak dan Ringan
June 8, 2018
tips bisnis untuk pemula

Tips berbisnis

Tips Bisnis –  Untuk menjadikan suatu Negara makmur, butuh 2% dari jumlah penduduknya yang berprofesi sebagai entrepreneur / pebisnis. Di Indonesia baru sekitar satu koma sekian persen yang menjadi entrepreneur, itu artinya syarat yang disebutkan tadi belum terpenuhi.
Bisnis bisa dilakukan oleh siapapun, tidak mengenal usia tua atau muda. Remaja bisa berbisnis, orang dewasa bahkan anak yang masih sekolah pun bisa melakukannya. Yang menentukan tingkat keberhasilan adalah seberapa besar usaha yang dilakukannya.

Menjadi seorang pebisnis itu tidak sulit namun tidak mudah juga. Jadi kalau anda berpikir tidak mungkin bisa hanya karena anda belum mengerti banyak atau masih pemula, itu salah besar lho. Anda harus mencoba dan telaten menekuninya pasti anda akan bisa dan bisnis yang anda rintis akan berkembang. Karena kalau tidak mencobanya, tidak akan bisa bukan?

Kalau anda tertarik dengan hal-hal yang berbau bisnis, namun anda masih pemula dan bingung bagaimana memulainya, tidak mengapa, karena disini kami akan memberikan 3 tips berbisnis untuk pemula dan contoh produk yang bisa anda ikuti.

1. Nikmati semua prosesnya
Memiliki sebuah bisnis tidak langsung besar dengan cepat. Jack Ma butuh waktu berbelas-belas tahun untuk menjadikan Alibaba mendunia. Bob Sadino menjalankan bisnis besarnya sudah berpuluh-puluh tahun. Jadi nikmati semua proses. Proses untuk memulai, sedikit demi sedikit melakukan proses agar bisnis terus berkembang, proses meningkatkan omset dan profit, proses menambah jaringan dan mengetahui seluk-beuk dunia bisnis.
Nikmati semua prosesnya. Kalau anda tidak menikmatinya anda akan merasa berat dan akan selalu mengeluh. Tapi untuk membangun sebuah bisnis diharuskan memiliki ketekunan dan tidak boleh mengeluh. Yakinlah anda pasti mencapai sukses.

2. Bandingkan bisnis anda dengan competitor sebagai pelajaran
Jangan salah persepsi dengan kalimat diatas. Membandingkan bisnis kita dengan competitor dalam hal yang positif dan sebagai bahan evaluasi. Misalnya, penjualan anda menurun namun competitor melejit, apakah ada yang salah dengan anda? Dengan begitu anda bisa memperbaiki apa kesalahannya.
Tapi tetap, anda harus berjalan dalam jalan anda. Jangan terpengaruh jadi kea rah negative karena competitor anda. Ingatlah semua sudah di atur oleh Ynag Maha Kuasa.

3. Rajin ikut seminar dan coaching
Ini nih yang perlu diperhatikan. Ketika ingin melakukan sesuatu tapi kekurangan pengetahuan, itu membuat anda bingung bukan? Tujuan memngikuti seminar bisnis adalah untuk menambah pengetahuan dan mengupgrade diri. Di acara seminar juga anda bisa bertemu orang-orang yang memiliki kesukaan juga terhadap bisnis. Bisa jadi di seminar anda bisa menemukan partner bisnis dan menambah daftar kenalan anda.

Dalam sebuah bisnis, networking juga penting karena itu bisa menyokong bisnis kita. Dan ada 3 Tips untuk memilih produk yang laris

tips bisnis bagi pemula

tips bisnis

1. Cari produk yang dibutuhkan atau sedang booming
Orang membeli suatu produk karena memang membutuhkannya. Orang juga akan membeli produk ketika produk tersebut terkenal, sudah booming dan banyak yang membeli atau memakai produk tersebut.
Untuk permulaan, anda bisa berbisnis produk yang banyak dicari orang-orang. Kalau anda ingin produk yang selalu cepat habis terjual dan mudah cobalah berbisnis di bidang makanan terlebih dahulu, karena makanan menjadi kebutuhan setiap orang setiap harinya.
Contoh produk makanan yang bisa disimpan tahan lama hingga berbulan-bulan adalah frozen food. Frozen food juga sedang booming dan banyak dibutuhkan karena banyak orang yang ingin memasak secara praktis saja. Jajanan frozen food seperti cireng, cilok dan cuanki menjadi pilihan baik karena tinggal menghangatkan saja tanpa harus membuat adonan. Kelebihan lainnya yaitu bisa disimpan di dalam freezer sehingga tahan lama dan tak perlu khawatir cepat basi.

2. Perhatikan kualitas produk yang anda jual
Jangan asal menjual prduk, apalagi yang kw alias palsu. Memang boleh saja menjual produk apapun, namun banyangkan anda dipihak pembeli. Apa yang anda rasakan saat tahu produk yang anda beli kualitasnya rendah atau ada yang palsu? Pasti sangat tidak menyenangkan. Makanya harus selalu perhatikan produk yang akan anda jual. Jangan sampai salah pilih dan modal sudah keluar.

3. Memilih partner bisnis agar produk lebih terpercaya
Untuk anda yang belum sanggup produksi suatu produk, anda bisa mengawalinya dengan bekerjasama dengan supplier-supplier produk. Jika anda berminat berbisnis makanan frozen seperti cireng, cilok dan cuanki seperti contoh diatas, anda bisa mencoba bekerjasama dengan cirengsalju.com yang telah memiliki penjualan yang baik.

Itulah tips-tips yang bisa kami bagikan untuk anda. Kalau anda mencoba dan disiplin melakukan tips-tips diatas, bisnis anda akan cepat berkembang. Semoga tips ini bermanfaat untuk anda yang ingin memulai bisnis online dan sedang mencari produk untuk mengawali bisnis. Selamat memulai bisnis.

 

foto pexels

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *